Sekilas Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak
Program Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah disiplin ilmu yang berfokus pada perancangan, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam membangun sistem perangkat lunak yang efisien, andal, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Pesan Kaprodi
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini menuntut kita untuk terus berinovasi dan adaptif. Prodi Rekayasa Perangkat Lunak hadir untuk mencetak lulusan yang tidak hanya menguasai teknologi terkini, tetapi juga mampu menjadi problem-solver yang handal di era digital.
Melalui kurikulum yang relevan dan didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten, kami berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Mari bersama-sama kita wujudkan visi Prodi Rekayasa Perangkat Lunak sebagai pusat unggulan dalam pengembangan perangkat lunak berkualitas di Universitas IPWIJA
Muhammad Maulana Rachman, S.Kom., M.Kom.
Ketua Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak
Visi Rekayasa Perangkat Lunak
Menjadi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak unggul pencetak profesional dan wirausaha di bidang pengembangan aplikasi dan teknologi kecerdasaan buatan pada tahun 2045
Misi Rekayasa Perangkat Lunak
Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu :
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional berlandaskan jiwa kewirausahaan dan berakhlak mulia.
- Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu dan pengembangan karakter.
- Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki semangat wirausaha, berperspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar.
- Meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi rekayasa perangkat lunak dan penguasaan di bidang pengembangan perangkat lunak, khusus konsentrasi Software Development, Game Development dan Pengembangan Software dengan Kecerdasan Buatan.
Unggul dalam bidang penelitian, yaitu :
- Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan.
- Mendorong tumbuhnya kreativitas dengan semangat kewirausahaan untuk menghasilkan karya-karya dibidang teknologi informasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
- Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru dibidang rekayasa perangkat lunak atau interdisiplin ilmu.
Unggul dalam bidang pengabdian masyarakat, dijelaskan sebagai berikut:
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional.
Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan.
Menerapkan keahlian di bidang rekaysa perangkat lunak untuk menghasilkan aplikasi yang bernilai bisnis, bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum.
Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang rekaysa perangkat lunak, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat
Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu:
Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional.
Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional.
Pendaftaran
Bergabunglah dengan calon-calon Software Engineering Masa Depan
Terima kasih telah mempelajari tentang Universitas IPWIJA lewat situs web ini. Untuk menjadi bagian kami yang inklusif, inovatif, dan dinamis dan berjiwa kewirausahawan
Instagram
Universitas IPWIJA
Kalender
Kegiatan IPWIJA
Ujian Akhir Semester (UAS)
Uji Kompetensi LSP
Pengumuman KHS
Semester 1 - RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMD101 | Pendidikan Agama | 2 | Link |
RMD102 | Pendidikan Kewarganegraan | 2 | Link |
RMD103 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | Link |
RMP201 | Matematika, Sains, Teknologi dan Rekayasa | 3 | Link |
RMU706 | Bahasa Inggris | 2 | Link |
RMP203 | Dasar Pemrogaman | 3 | Link |
RMP202 | Pengantar RPL | 3 | Link |
RMP204 | Kalkulus | 2 | Link |
Semester 2 - RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMD101 | Pendidikan Agama | 2 | Link |
RMD102 | Pendidikan Kewarganegraan | 2 | Link |
RMD103 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | Link |
RMP201 | Matematika, Sains, Teknologi dan Rekayasa | 3 | Link |
RMU706 | Bahasa Inggris | 2 | Link |
RMP203 | Dasar Pemrogaman | 3 | Link |
RMP202 | Pengantar RPL | 3 | Link |
RMP204 | Kalkulus | 2 | Link |
Semester 3 - RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMP210 | Sistem Basis Data | 3 | Link |
RMP301 | Interaksi Manusia Dan Komputer | 3 | Link |
RML602 | Analisis Kebutuhan Dan Perancangan Perangkat Lunak | 3 | Link |
RMU707 | Aplikasi Komputer | 3 | Link |
RMP302 | Arsitektur Dan Organisasi Komputer | 3 | Link |
RMP303 | Logika Informatika | 2 | Link |
RMP303 | Aljabar Liner | 2 | Link |
Semester 4 - RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMP305 | Sistem Operasi | 3 | Link |
RMP306 | Teknologi Basis Data | 3 | Link |
RMP307 | Pemrogaman Berbasis Objek | 3 | Link |
RMP308 | Pemrogaman Web | 3 | Link |
RMP309 | Jaringan Komputer | 3 | Link |
RML603 | Konstruksi Perangkat Lunak | 3 | Link |
RMU704 | Technopreneur | 2 | Link |
Semester 5 -RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMP404 | Pengembangan Aplikasi Terdistribusi | 2 | Link |
RMP405 | Pemrograman Mobile | 3 | Link |
RML607 | Kosep Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak | 3 | Link |
RMP406 | Perancangan Web | 3 | Link |
RML604 | Rekayasa Perangkat Lunak Proyek Perangkat Lunak | 3 | Link |
RMP407 | Ubiquitous Computing | 2 | Link |
RMP408 | Sistem Informasi | 3 | Link |
Semester 6 -RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMU705 | Kuliah Kerja Nyata | 2 | Link |
RMP409 | Probilitas dan Statistika | 3 | Link |
RMP410 | Penjaminan dan Keamanan Informasi | 3 | Link |
RMP501 | Riset Teknologi Informasi | 3 | Link |
RMP502 | Praktikum Game Programming | 3 | Link |
RML606 | Pengujian Perangkat Lunak | 3 | Link |
RML605 | RPL Konfigurasi dan Evolusi Perangkat Lunak | 3 | Link |
Semester 7 -RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMU701 | Etika Profesi | 3 | Link |
RMP503 | Digital Forensik | 5 | Link |
RMU703 | Metodologi Penelitian Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | Link |
RMC801 | Matakuliah Pilihan 1 | 3 | Link |
RMC802 | Matakuliah Pilihan 2 | 3 | Link |
RMC803 | Matakuliah Pilihan 3 | 3 | Link |
Semester 8 -RPL
Kode MK | Nama MK | SKS | RPS |
---|---|---|---|
RMP504 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2 | Link |
RMU708 | Skripsi/Tugas Akhir | 6 | Link |