Back

Kategori

KIP adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar. KIP merupakan program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan dukungan pendidikan kepada siswa-siswa yang kurang mampu.

KIP memiliki dua bentuk utama, yaitu: KIP Sekolah, KIP Kuliah.

KIP dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP/Puslapdik).

Untuk mendapatkan KIP, peserta didik harus:

  • Terdaftar dalam Program Indonesia Pintar (PIP) di Dapodik Sekolah
  • Data peserta didik di Dapodik divalidasi oleh admin pusat
Syarat untuk menjadi penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2023 adalah:
  • Mahasiswa pemegang KIP Pendidikan Menengah
  • Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial 

Kuis Minat Bakat

Bingung memilih jurusan?

Ikuti Kuis Bakat Minat ini untuk membantumu mengambil keputusan yang tepat.

Frequently Asked Questions

Dari kewajiban keuangan hingga syarat mahasiswa internasional, kamu bisa menemukan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di bawah ini.

1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs https://pmb.ipwija.ac.id/.

2. Calon mahasiswa memilih prodi dan memilih kelas.

3. Setelah itu,calon mahasiswa mengisi biodata diri.

4. Setelah itu,muncul kode pendaftaran,serta tagihan untuk biaya tagihan pendaftaran .

5. Mahasiswa diwajibkan membayar,akun calon pendaftar akan diapproved oleh admin.

6. Login kembali seperti pada langkah pertama melalui kode pendaftaran dan password.

7. Setelah itu,calon mahasiswa diwajibkan mengisi biodata lebih lengkap.

8. Calon mahasiswa melakukan upload berkas pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku ,

• Untuk S1/D3 : Pas foto ( tampak depan,kanan kiri),Kartu Keluarga,KTP,Ijazah legalisir.

• Untuk S2 : Pas foto ( tampak depan,kanan kiri),Kartu Keluarga,KTP,Ijazah legalisir) .

• Untuk Konversi /pindahan : Pas foto ( tampak depan,kanan kiri),Kartu Keluarga,KTP,Ijazah legalisir,transkrip nilai dari universitas sebelumnya dan surat keterangan pindah.

9. Setelah diupload berkasnya,tim kami akan melakukan verifikasi terhadap berkas yang diupload,apakah sudah sesuai/ tidak.

10. Setelah Di ACC/Diapproved,calon mahasiswa akan diminta untuk menggerjakan soal CBT,untuk informasi soal yang harus dijawab/dikerjakan oleh calon mahasiswa,silahkan pergi ke laman https://ipwija.ac.id/informasi-tes-seleksi/ .

11. Setelah menggerjakan CBT,akan muncul nilainya,dan mahasiwa akan diminta melanjutkan ke tahap daftar ulang.

12. Setelah mahasiswa melakukan daftar ulang,akan muncul tagihan diawal seperti : tagihan DP uang Gedung,dan SPP pertama.

13. Setelah tahap daftar ulang,pihak PMB akan melakukan rekap data calon mahasiswa dan calon mahasiswa akan diinvit ke dalam grup whatsapp khusus maba.semua informasi terkait perkuliahan akan dishare ke grup whatsapp

Bagi yang bekerja secara shift disarankan untuk mengambil kelas karyawan pada hari jumat dan sabtu .

Jika jangka waktu pendaftaran masih panjang,diperbolehkan untuk mengupload berkas/dokumen belakangan.atau diijinkan menggunakan SKL(Surat Keterangan Lulus) terlebih dahulu.

Bisa,pergantian kelas bisa dilakukan setelah 6 bulan atau pada saat penggantian semester

Tergantung pada nilai yang didapat,tim kami akan memeriksa dan melakukan kalkulasi terlebih dahulu

Tidak ada,sebagai penggantinya di universitas Ipwija diselenggarakan inagurasi dan LKM( (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa)

wajib,karena untuk sertifikat yang didapat untuk pendamping ijazah

Untuk SPP dan uang gedung bisa diangsur/ di DP terlebih dahulu.untuk uang gedung bisa dicicil selama 6 bulan,dan untuk SPP dapat dicicil setiap bulannya selama 1 semester .

Iya tentu,kamu akan mendapatkan cashback / potongan harga sebesar 10% .

Pembayaran SPP yang dilakukan setiap bulan ,paling lambat dibayarkan tanggal 5 setiap bulannya.